Women Techmakers 2014, ok glass

“Womentechmakers 2014, ok glass.. ” adalah satu frasa yang terucap ketika foto bersama di akhir acara perhelatan Women Techmakers yang diagakan oleh GDG Surabaya pada tanggal 22 Maret 2014 tepatnya di Gedung Eagle Tower, Lt.4 STTS Jl.Ngagel Jaya Tengah no. 73-77,Surabaya, Indonesia ūüėÄ . ( agak sedikit hafal menyebutkan detail tempat acara karena salah satu pertanyaan dari sesi¬†icebreaker yang dijawab ūüėÄ ). Acara ini cukup menarik dengan hadirnya banyak sekali para¬†geek women yang tumplek blek memadati ruangan. Hampir diluar bayangan saya bahwa peserta akan sebanyak itu, bayangan saya sebelumnya mungkin yang datang paling banter sekitar 40 orang. Ternyata lebih dari dua kali lipat lebih banyak dan semuanya wanita.¬†Excited? JELAS!¬†Berkumpulnya para wanita yang¬†concern dengan teknologi ini membuat semangat tersendiri, karena biasanya kami para wanita menjadi sebuah minoritas dari sekumpulan para pria. Wanita juga mampu memiliki keahlian seperti pria di dunia IT, faktanya beberapa teman saya yang wanita tetap bisa¬†survive menjadi seorang¬†developer yang tidak bisa diremehkan kemampuannya.

Women Techmakers 2014

Women Techmakers 2014

Acara yang berlangsung mulai jam 09:00 sampai sekitar jam 15:30 WIB GMT+7 ini terdiri dari acara¬†Dart Language Code Lab,¬†Android Tech Lab, Team Building Exercise, HTML 5, dan Google Glass. Pada sesi¬†Dart Language Code Lab¬†¬† membahas pemrograman web baru yang jauh lebih baik daripada¬†javascript karena lebih ringan (untuk sesi pertama ini saya ikut setengah acara dikarenakan terpaksa terlambat datang #sayang ), sementara pada sesi¬†Android Tech Lab membahasa masalah membuat aplikasi Android secara lebih cepat dan mudah tanpa banyak¬†code, yaitu dengan menggunakan MIT App Inventor yang dikembangkan oleh Massachusetts Institute of Technology, yaitu salah satu universitas terbaik dunia dan terkanal dengan IT-nya which is placed in USA. Setelahnya acara¬†ice breaker, dimana pada sesi ini saya kebetulan mendapatkan boneka Android karena menjawab sebuah pertanyaan. [Senang bisa dapat boneka #alibi ūüėÄ ] . Seusai makan siang¬†¬†acara selanjutnya adalah¬†Team Building Exercise, ini hanyalah sebatas permainan yang memerlukan kepekaan daya ingat, kemudia acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai HTML 5 dengan¬†JS. Acara penutup adalah penjelasan mengenai¬†Google Glass,¬†dimana pada acara tersebut kami mendapat kesempatan secara langsung melihat bentuk dan fungsi-fungsi yang dapat dimainkan pada¬†Google Glass¬†. Dengan hanya bilang “ok, glass” fungsi-fungsi tersebut sudah dapat dijalankan layaknya kita punya¬†smartphone dengan hanya memakai kacamata.

Keseluruhan acara ditutup dengan pengumuman pemenang posting terbaik. Kali ini saya mendapat kesempatan sebagai salah satu dari 3 pemenang tersebut dan membawa pulang¬†PowerBank [lumayan-lah ya] ūüėÄ . Setelahnya foto-foto bersama. cheerrss \^__^/ ¬†Semoga acara ini dapat menjadi acara berkelanjutan, supaya menambah¬†passion dari para wanita untuk menjadi¬†developer karena mempunyai komunitas sendiri. Belajar tak mengenal umur, tak mengenal siapa, dan kemampuannya seberapa, tapi lebih kepada ketekunan kita dan niat kita untuk berusaha. Chayo! ^_^

IMG_20140322_121142_Fotor_Collage

Hadiah boneka Android dan Power Bank yang dibawa pulang dari acara ice breaker dan pemenang posting terbaik

Screen Shot 2014-03-23 at 6.30.41 am

Posting terbaik dari akun G+

2014-03-23 04_Fotor22

Souvenir yang dibawa pulang setiap peserta berupa tas ransel kecil, kaos lambang¬†dart ,¬†bolpoin, stiker, dan sertifikat (sengaja gak difoto) ūüėÄ

2014-03-22 12_Fotor_Collage

Narsis di acara Women Techmakers 2014 bersama sahabat saya @evykaer dan tika (nama samaran) ūüėÄ

Okey sekian dulu ya, semoga di acara selanjutnya yang serupa lebih banyak lagi peserta yang datang :). ok, glass .. Hehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published.