Install Anaconda 4.2.0 dan PyCharm Edu 3.5 di Windows 10

Sudah lama tidak posting terkait programming, apalagi Windows 😀 Well, liburan semester begini pertanda bahwa kegiatan dosen selain mengajar sedang aktif. Bisa jadi agak santai, namun diusahakan tetap produktif kali ya. Sayang kalau buang-buang waktu, sebagaimana tafsir Al Asr 1:3). Walaupun sebenarnya ane banget ini masih sering buang-buang waktu, apalagi untuk sosmed-an, beyuhh.. 😀 Baiklah, kali ini dibekali dengan fasilitas kampus, komputer baru yang sudah terinstall Windows. Karena masih gresss, dan berhubung sudah ada project yang harus dikerjakan, maka saatnya uprek-uprek dikit. :p

Project kali ini tetap dituntut menggunakan Python agar bisa terkoneksi langsung dengan mini computer Raspberry Pi. Masih seputar Computer Vision, gambar dan video. Terkait projectnya tentang apa, ya rahasia dulu ya 😀 Oke, sekalian membuat dokumentasi, saya akan mencoba untuk menulis cara menginstall Anaconda dan PyCharm di Windows. Anaconda sama Python itu sama saja, sama-sama Interpreter, dimana Anaconda merupakan atribut dari Python juga. Lebih lengkapnya bisa dibaca disini. Terus mengapa menggunakan PyCharm? Suka-suka sih, PyCharm ini salah satu IDE yang menurut saya nyaman digunakan untuk ngoding Python. Kita bisa menggunakan PyCharm secara cuma-cuma jika memiliki akun instansi untuk keperluan pendidikan.

Langsung saja ya, pertama kali yang harus kita siapkan adalah hal-hal seperti ini:

  • Install PyCharm. Silakan install Jetbrain Toolbox terlebih dahulu. Sebelumnya, buat account  di Jetbrains, gunakan email mahasiswa atau instansi  (demi hemat bro, karena free, sehingga tidak perlu membajak) :D. Setelah Jetbrain Toolbox terinstall dan akun telah dibuat, maka buka window Jetbrain Toolbox dan pilih PyCharm Edu kemudian langsung aja klik tombol Install. Ditunggu sambil ngopi juga boleh lho…. 😉
  • Sambil menunggu install PyCharm, bisa mengunduh Anaconda di https://www.continuum.io/downloads. Kemudian langsung install.
  • Setelah install Anaconda, kemudian kita coba mengunduh OpenCV d Anaconda dengan cara seperti pada https://anaconda.org/menpo/opencv3. Install Open CV 3 melalui Anaconda prompt dan jangan lupa menginstall menggunakan run administrator.
capture0

conda install -c menpo opencv3

  • Kalau open CV 3 sudah terinstall akan muncul seperti ini:

capture1

OpenCV3 sukses terinstall. Ketik ÿ”ketika ada pertanyaan Proceed([y]/n)

  • Setelah PyCharm dan OpenCV3 telah terinstall, saatnya kita meletakkan interpreter Python anaconda ke dalam PyCharm. Caranya, buka Settings>Project>Project Interpreter. Kalau masih kosong atau belum ada isinya klik tombol + kemudian cari file Python.exe dimana Anaconda2 tadi terinstall. Kalau sudah klik OK kemudian OK lagi dan Apply.
capture2-add-intrepeter

Meletakkan interpreter ke dalam PyCharm

  • Kalau sudah silakan tunggu hingga kondisi PyCharm siap digunakan, dimana tidak ada task  yang masih running. Biasanya di pojok kanan bawah akan ada progress bar yang menyatakan ada proses, indexing atau updating yang masih jalan dan menunjukkan PyCharm masih dalam keadaan ‘rempong’. Tunggu saja sampai kerempongan itu berakhir. Sabar, semua ini ujian 😀
  • Kalau sudah silakan digunakan untuk sekedar iseng menampilkan gambar dari file gambar yang ada pada direktori project seperti di bawah:
capture3-result

Done! dan tetep gak ketinggalan narsisnya 😀

Berhasil ya. Alhamdulillah. 🙂 Saatnya ngoding kalau begitu. 😀

Sekian, semoga bermanfaat dan happy coding!

@GedungH1.5ComVis, Angin kencang dibalut liburan semester

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.