Milestone Penelitian Tahun 2018

Seperti 2 tahun sebelumnya, 2016 dan 2017, saya akan berbagi lagi perjalanan menulis publikasi Ilmiah di tahun 2018. Tahun ini saya punya beberapa target menulis beberapa publikasi ilmiah namun tidak semuanya bisa tercapai dan harus menjadi ‘utang’ yang harus dijadikan resolusi pada tahun 2019. Akan tetapi tahun ini, saya membimbing mahasiswa 3 kali lipat lebih banyak dari semester dan tahun sebelumnya, sehingga tenaga dan waktu saya harus saya bagi sebenarnya. Namun memang ternyata, membimbing terlalu banyak dan ingin optimal harus mengorbankan salah satu target, tidak bisa multi tasking karena hasilnya juga tak akan optimal. Harapan saya tahun ini, saya bisa membuat daftar prioritas untuk melakukan bimbingan dan penelitian agar keduanya berjalan beriringan.

Sebelumnya, artikel yang berkaitan:

RESEARCHGATE

Terdapat perbedaan fitur dalam Research Gate sekitar akhir bulan November 2018 yaitu RGScore sudah dihilangkan diganti dengan Total Interest. Saya pernah iseng melihat RG Score bulan November 2018 sekitar 8.40an yang mana kalau dibandingkan nilai RG Score tahun 2017 yang 4,29 ada peningkatan. Total sitasi juga bertambah dari 26 ke 51. Total dibaca 9K di 2017 naik menjadi 24K. Alhamdulillah, semoga ada manfaat yang bisa diambil dari artikel-artikel yang telah diunggah dalam ResearchGate ini.

Alamat ResearchGate saya di sini.

SCOPUS

Untuk indexing pada Scopus, h-index yang dihasilkan masih sama dengan tahun kemarin yaitu 3, namun jumlah dokumen yang dihasilkan kalau naik dari 9 ke 16 dokumen. Dokumen yang tersitasi menurut indexing dari Scopus ada 12 dokumen pada tahun 2017, sedangkan pada tahun 2018 naik menjadi 25 dokumen yang tersitasi. Alhamdulillah. Semoga bisa menghasilkan artikel internasional kembali sambil belajar nulis.

GOOGLE SCHOLAR

Kalau dibandingkan tahun kemarin 2017, dokumen yang tersitasi menurut indexing dari Google Scholar naik dari 40 ke 75. Sementara untuk h-index yang dihasilkan naik 1 poin dari tahun sebelumnya. Menariknya i10-index di tahun 2017 yang sebelumnya tak ada, di tahun 2018 bertambah 2.

Alamat Google Scholar saya di sini.

SINTA

Tambahan yang baru dari artikel pada tahun 2017 yang belum ada dan ada di tahun ini adalah indexing dari SINTA. Indexing SINTA sendiri mengambil gabungan dari Scopus dan Google Scholar. Di kampus tempat saya bekerja, dosen yang telah memiliki NIDN diwajibkan memiliki akun SINTA ini. Berhubung saya baru dapat NIDN sekitar pertengahan tahun, maka saya baru bisa membuat akun ini pada tahun 2018. Di dalam SINTA akan terdapat informasi peringkat berdasarkan publikasi yang dihasilkan. Dari rekaman SINTA saya menduduki peringkat ke-194 dari 1691 (menurut data pada SINTA/yang telah teregister di SINTA) di tempat saya bekerja. Masih jauh ya? Iya, masih belum asisten ahli juga. Jadi, InsyaAllah tidak ngejer peringkatnya, namun manfaatnya.

Alhamdulillah, apapun pencapaian di tahun 2018 wajib disyukuri. Semoga bisa bermanfaat lebih meluas lagi di tahun 2019 dan tahun-tahun berikutnya. Saya juga mulai melakukan kerjasama penelitian kecil-kecilan yang mencoba untuk lintas disiplin agar lebih mendalam kebermanfaatannya. Saya juga masih belajar menyusun dan membenahi road map penelitian yang mana bayangan saya road map tersebut dapat memengaruhi juga hasil pertimbangan saya untuk membimbing mahasiswa dengan topik sejenis, terarah dan terstruktur. Saya masih belajar menjadi pembimbing yang baik yang tak berhenti belajar dan menerima saran. Semoga semangat terus terjaga, dan semoga niat untuk sekolah lagi semakin kuat di tahun 2019 ini. Bismillah. Semua yang terjadi atas izin Allah.

@baitijannati, Malang, malam gerimis seirama

3 thoughts on “Milestone Penelitian Tahun 2018

  1. Pingback: Ulasan Perjalanan Penelitian 2019 | Yuita Arum Sari

Leave a Reply

Your email address will not be published.