Lahiran di RSIA Melati Husada Malang

RSIA Melati Husada merupakan salah satu rumah sakit yang melayani BPJS dengan sangat baik. Bisa dibilang dia tidak membedakan pelayanan antara pasien BPJS atau non BPJS. Ya, RS ini sudah cukup terkenal kalau bagus pelayanannya. Letaknya dekat MOG, detailnya googling saja, sudah pasti ketemu ๐Ÿค—.

Sempat ada fikiran, lahiran di bidan atau RS ya? Dengan berbagai pertimbangan akhirnya memutuskan lahiran dengan dokter spesalis yang prakteknya di RS. Pertimbangan tersebut salah satunya adalah, jika ada hal yang perlu dirujuk, tidak oerlu berlama-lama dan langsung bisa ditangani kalau di RS. Nah, selanjutnya memilih dokter spesialisnya.

Sempat ada beberapa referensi dan beberapa sudah dicoba akhirnya pilihan ke dr. Nugrahanti Prasetyorini SpOg (K) alias dr. Nuke yang merupakan salah satu konsultan fetomaternal di Malang. Tentunya kesenioran beliau sudah tidak diragukan lagi. Beliau terkenal dokter dengan antrian banyak dan lama, karena apa? Antrinya satu bulan sebelumnya. Wait, dengan antrian yang banyak, ada kuota per harinya, jadi tidak terlalu banyak. Dengan antri selama itu menurut saya sih worth banget. Beliau meriksanya cukup teliti dan lama, pertama ke sana ada sekitar hampir 30 menit di ruangan dengan rata-rata setiap kontrol 15-20 menit di dalam ruangan. Beliau menjelaskan detail saat USG juga terkait organ-organ dalam si kecil, ada kelainan atau tidak, dsb. Orangnya juga cantik, ramah, serta sabar. โค๏ธ Love bu dokter ๐Ÿ’ž Harganya? gak jauh beda dengan dokter spesialis kandungan yang lain.

Kalau pas kontrol ke dokter Nuke itu di kliniknya di jalan cerme, jadi bukan di bagian polikliniknya di RSIAnya. Akan tetapi, jika ada tindakan beliau melakukannya di RSIA Melati Husada. Begitu ceritanya.

Seperti yang saya singgung sebelumnya, karena RSIA Melati Husada ini terkenal bagus pelayanannya, kamar rawat inapnya pun terkenal sampai inden. Sempat worry juga, kalau nanti lahiran tidak dapat kamar gimana? Lha kalau lahirnya rencana SC mungkin masih bisa pesan kamar, kalau normal yang sifatnya dadakan gimana? Wih segala pertanyaan bergumam di kepala. Pasalnya banyak omongan dari rekan-rekan juga hal tidak mengenakkan terkait kamar itu. Hmm, akhirnya ya omongan orang lain itu saya buat sebagai masukan saja, untuk jadi bunda yang positif lebih baik mencari informasi yang kredibel langsung dari sumbernya. Begitu kan ya? Toh, yang bisa saya lakukan adalah melakukan yang terbaik. Saya tanya ke dokternya langsung, tak perlu khawatir kata beliau. Kemudian tanya langsung ke bagian administrasi RS dijawab dengan santuy, InsyaAllah tetap ada kamar. Alhamdulillah, lega lah pokoknya. Jadi, bu ibu. RSIA Melati Husada ini recommended banget. Mulai bagian resepsionis sampai perawat-perawatnya ramah-ramah pol.

Pada saat hari H, kamar kelas BPJS yang saya gunakan penuh. Ya, dari kantor ada fasilitas BPJS jadi ya dimanfaatkan saja. Akhirnya, naik kelas, seadanya kelas. Memang pas masuk RS itu besoknya tanggal cantik 20-02-2020. Di tanggal itu pun banyak yang berencana SC. Tapi saya sudah bilang baby N, meski masuk IGD tanggal 19, tak perlu nunggu tanggal cantik, yang penting kamu terlahir dengan kepribadian dan paras yang cantik. Aamiin..๐Ÿ˜

Oke, jadi ini saya beri gambaran harga kelas jika lahiran di Melati Husada baik yang normal maupun SC. Harga di situ belum dikurangi subsidi dari BPJS ya. Terlampir juga berkas administrasi yang wajib dibawa saat lahiran.

berkas rawat inap persalinan

Ruangan di Melati Husada tidak seperti rumah sakit pada umumnya. Wah saya tak sempat foto ruangannya Lebih mirip hotel dengan nuansa eksotisnya. Hal yang saya salut semua perawat atau bidan yang bertugas semuanya pro ASI. Hari pertama ASI belum keluar, tetap disupport, diberi insight kalau bayi bisa bertahan 2×24 jam tidak minum ASI setelah lahir. Hari kedua rembes itu pun masih sedikit, terus diafirmasi dan tidak menyinggung susu formula sampai usaha mengASIhi dimaksimalkan. Urusan ngASI ini dibahas di artikel terpisah saja ya.๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Ada drama juga haha.

Makanannya pun enak-enak, ada fasilitas makan sore untuk penjaga. Penjaga maksimal 1 orang. Di sela-sela makan pagi ke siang ada snack dan teh hangat juga. ๐Ÿค— badan pegel-pegel minum teh hangat berasa legha.. teh hangatnya diletakkan dalam teko yang membuat kehangatannya lebih pas.. alhamdulillah

Fasilitas lain yang mungkin sempat membuat diriku senang ๐Ÿ˜. Jadi diriku lahiran malam, besok paginya itu ada fasilitas pijat muka alias totok wajah plus masker. Hmm pas ngobrol-ngobrol sama mbak yang mijeti fasilitas ini agar bundanya tidak baby blues salah satu fungsinya. Setelah pijat muka tadi mbaknya bilang kalau setelahnya akan ada yang datang lagi untuk pijat seluruh badan. Wow, awakku sing remek malih rodok mayan ๐Ÿ˜…. Dipijat sambil liatin baby N yang bobonya pules di tempat tidurnya. Setelah pijat badan, pijat berikutnya adalah pijat laktasi. Lengkap sudah. Alhamdulillah. Habis pijat laktasi agak lumaya dapat ilmu, tujuannya agar ASInya ndang keluar dan lancar. ๐Ÿ’ž๐Ÿ’ž๐Ÿ’ž

Pas pagi dan sore baby N dibawa bidannya untuk dimandiin, bersih lengkap pas sampai ke saya. Jadi baby N pakai baju, popok, bedong dari rumah sakit semua. Memang di bagian administrasi bilangnya, bawa baju bayinya untuk pulangnya saja. Bisa minfa tolong sekalian tindik juga pas sebelum pulang

Melati Husada juga memberikan souvenir yang dibawa pulang, yaitu jaket bayi serta satu set bantal-guling bayi lengkap. โค๏ธ Dannn.. fasilitas yang oke adalah home visit. Jadi, akan ada bidan yang datang ke rumah for free selama 3 hari untuk mandiin dan ganti kasa untuk tali pusarnya baby N. Cucok kan untuk ayah bunda newbie yang cuma berdua mengurus baby N? Daru sini mulai belajar banyak. Saya minta tolong bidannya bantuin mandiin sampai lepas tali pusarnya, soale saya masih ndak berani hehe. Alhamdulillahnya, pas 3 hari tali pusarnya baby N sudah lepas.

Oh ya, Melati Husada juga sudah lanngsung buatin BPJS untuk si baby. ๐Ÿ’ž

Alhamdulillah, terima kasih dr.Nuke, terima kasih Melati Husada yang telah memberikan cerita indah pada perjalanan kelahiran baby N. ๐Ÿ’žโค๏ธ

Sekian, semoga informasinya bermanfaat ya bu ibu. ๐Ÿค—

@baiti jannati, nulis sambil gendongin baby N

PS: Untuk pertanyaan yang sering muncul atau beberapa pertanyaan yang belum terjawab, saya berikan tulisan ke artikel tersendiri di sini ya moms, silakan dicek: FAQ: Artikel โ€œLahiran di RSIA Melati Husadaย Malangโ€

59 thoughts on “Lahiran di RSIA Melati Husada Malang

  1. Assalamu’alaikum mbak Yuita, salam kenal saya Nisa ^^
    terima kasih sharingnya tentang kelahiran baby N. Saya jadi baca-baca hehe..
    Mau tanya, kalau mau periksa ke dr. Nuke harus selalu ke kliniknya ya? Untuk daftarnya apakah lewat no telp yg ada di Google maps atau datang langsung ke tempat praktik di jam praktik?
    Terima kasih sebelumnya, mbak ๐Ÿ™‚

    • Waaikumsalam wr wb mbak Annisa. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat. ๐Ÿ’ž

      Iya dr. Nuke hanya praktek di kliniknya beliau yang di jl.Cerme. Daftarnya jangan langsung datang, nanti disuruh balik lagi (spt saya awal2 dulu) hehe. Jadi telepon saja, nomornya sesuai yang ada di Google untuk reservasi. Teleponnya pagi jam 7, kuotanya 15, jadi cepet-cepetan. Antriannya itu untuk 1 bulan berikutnya.

      Kurang lebih begitu ya mbak Annisa, semoga berjodoh ๐Ÿ™‚

  2. Hai mom? Wah membantu sekali informasi yg di berikan. Boleh bertanya? Saya ingin kontrol di dr nuke, apakah sampai skrg dr nuke masih praktek di melati husada? Soalnya sy pengen kontrol d dokter nuke trus melahirkan di melati husada, baca2 di blog lainnya katanya dokter nuke udah ga praktek di melati husada โ˜น๏ธโ˜น๏ธ

    • Syukurlah kalau bisa membantu ๐Ÿ™‚ Prakteknya di kliniknya langsung ya mom, namun kalau tindakannya beliau melakukannya di Melati Husada. Jadi kalau misalnya kontrol di dr.Nuke lahirannya auto di Melati Husada. Semangat ya mom, semoga sehat dan lancar..

  3. thanks sharignya bunda…
    mau tanya2 juga nih apakah peralatan mandi dan handuk untuk bunda dan penjaga sudah disiapkan di RS Melati Husada??? untuk fasilitas kamar paviliun rencananya…

  4. Assalamualaikum, terimakasih ya mbak reviewnya jadi lumayan membantu, karena saya sedang bingung mau lahiran dimana, oh iya waktu itu mbak lahiran menggunakan bpjs atau tidak? Kalau iya disubsidi berapa menggunakan bpjs ya? Oh iya saya juga konttol di dr Nuke untuk lahiran di Melati Husada, apakah sebelumnya kita harus periksa disana dulu?

    • Waalaikumsalam wr wb. Alhamdulillah kalau bermanfaar mbak. Saya pakai BPJS, 1,9 kalau normal seingat saya. Kalau saya dulunya sudah pernah kontrol di Melhus sebelum ke dr.Nuke. Mungkin bisa ditanyakan ke dr.Nuke mbak, kayaknya sih gak harus periksa ke melhus, tapi kalau daftar dulu atau enggaknya gak paham saya.

  5. Wah terima kasih mbak, tulisannya sangat bermanfaat untuk bumil baru.. Maaf mbak, jadi ga perlu ada inden untuk kamar rawat inapnya ya? Krna saya ada rencana mau di sana lahirannya. Terima kasih ๐Ÿ˜€

    • Alhamdulillah mbak Mia kalau bermanfaat. Kalau untuk lahiran normal tidak mbak, tapi siap-siap saja dapat kamar apa saja, maksudnya bisa jadi kelasnya atas. Jadi dipersiapkan saja untuk kemungkinan biaya-biayanya.

  6. Assalamualaikum mbak Yuita…salam kenal saya Sabrina ๐Ÿ™‚
    Terima kasih sharingnya mbk..bermanfaat buat sy yg lagi bingung cari2 tempat lahiran.
    Mbk boleh sy tanya, dulu mbak total brapa biaya melahirkan d melhus? Dan di kelas brp dapatnya mbak? (Mau well prepare buat debay…hhee)
    Terima kasih banyak sebelumnya mbak…

    • Waalaikumsalam. Salam kenal mbak Sabrina ๐Ÿ™‚ Saya lupa yang bayar suami saya. Untuk BPJS dicover sekitar 1,9jt seingat saya kalau normal, kalau caesar 9 atau 10 ya saya kok lupa juga ๐Ÿ˜€ sekitar itu. Sisanya bayar sendiri, tinggal dikurangi dengan kelas yang akan ditempati. Oh ya untuk pastinya bisa datang ke Melhus tanya ke adminnya juga bisa, soalnya barangkali harganya berbeda untuk sekarang. Mbak adminnya baik banget kok hehe njelasin cukup detail. Betul itu mbak memang biaya perlu dipersiapkan hehe.. dulu saya langsung tanya ke mbak adminnya itu satu bulan sebelum lahiran. Semoga membantu ya mbak jawaban saya. Semoga lancar lahirannya.

  7. Assalamualaikum Mbak Yuita, salam kenal saya Indah ๐Ÿ™‚ terimakasih mbak atas review rs melati husada, saya berencana mau melahirkan disana. Ada yang mau saya tanyakan kalau mbak mengizinkan, mbak yuita lahiran di rs melati husada menggunakan bpjs apakah harus ada surat rujukan/rekomendasi dari faskes 1 atau langsung datang saja?
    Terimakasih banyak mbak sebelumnya..

    • Waalaikumsalam wr wb. Mbak Indah. Sama-sama mbak ๐Ÿ™‚ Saya menggunakan BPJS dan tidak menggunakan rujukan dari faskes 1. Sama dokternya kalau sudah mules langsung datang ke IGD ๐Ÿ™‚

    • BPJS, waktu saya kemarin dari BPJS dibantu 1,9 untuk lahiran normal mbak Rila, silakan dikurangi dengan kelas kamar.

  8. Hallo mbak sangat bagus reviewnya, itu mbak di kelas paviliun apa sebelumnya naik kls dr BPJS semestinya? Kok nambah biaya. Habis berapa mbak?. Karena persiapan buat lahiran insyaallah bulan ini moga di lancarkan. Terimakasih

    • Ketersediaan kamar sangat tidak bisa diprediksi mbak Rila, jadi ya sedapatnya kamar. Saya pakai BPJS. Semoga lancar lahiran dan persiapannya ya mbak.

  9. assalamualaikum bund,, mau tanya
    rencana saya lahiran di melhus dengan pakai bpjs. kalau misal naik kelas itu rincian biaya yg di cover bpjs berapa ya kalau case nya sama dengan bunda

    • Waalikumsalam wr wb. Maaf baru merespon Bun. 1,9jt dicover BPjS silakan dikurangi dengan list harga di atas Bun.

  10. Makasih, bunda infonya sangat membantu. Tapi kalau boleh tahu fasilitas di atas utk ruangan tipe apa ya? Terimakasih

  11. halo mbak seneng sekali baca cerita yg menghangatkan hati gini ๐Ÿค— mungkin pijetnya buat yg lahiran normal ya, klo SC apa juga ada pijet? trs waktu lahiran pas udh pandemi ya, ada treatment khusus gak gara2 pandemi, misal kdu rapid dll? thank you kalo udh berkenan menjawab ๐Ÿค—

  12. hai mba selamat ya atas kelahiran baby nya. kebetulan saya rencana lahiran di melhus juga. mau tanya utk bpjs nya apakah perlu rujukan dari fakes 1 terlebih dahulu mba?

  13. terimakasih infonya bu ๐Ÿ™‚ mohon maaf mau nanya, tarif di atas setelah dipotong dr bpjs, kita harus nambah berapa ya?
    trimakasih ๐Ÿ™‚

  14. Hai bunda. Terima kasih sudah berbagi. Kalau boleh tau, fasilitas kayak home visit, pijat utk ibu yg bunda ceritakan utk didapatkan di kelas rawat inap tertentu atau semua kelas dapat fasilitas itu?

  15. Assalamualaikum mba, terima kasih infonya sangat bermanfaat. Kalau boleh tau, apa bisa ya rencana lahiran di rsia melati husada tapi tidak pernah periksa ke sana maupun ke dr nuke, tapi saat tindakan inginnya didampingi dr nuke? Karena kebetulan saya domisili jkt, dr saya disini jg subspes fetomaternal tapi saya ada rencana lahiran di malang. Terima kasih

  16. Mohon ijin bertanya, waktu itu kan bunda sudah menggunakan bpjs, adakah biaya lagi yang harus dibayar atau sudah ditanggung semua oleh bpjs?

  17. Mohon ijin bertanya, waktu itu kan bunda sudah menggunakan bpjs, adakah biaya lagi yang harus dibayar atau sudah ditanggung semua oleh bpjs?

  18. Mohon ijin bertanya, waktu itu kan bunda sudah menggunakan bpjs, adakah biaya lagi yang harus dibayar atau sudah ditanggung semua oleh bpjs?

  19. Mohon ijin bertanya, waktu itu kan bunda sudah menggunakan bpjs, adakah biaya lagi yang harus dibayar atau sudah ditanggung semua oleh bpjs?

  20. Terimakasih reviuwnya sangat membantu sekali, mbk mau tanya kalau semisal gak naik kelas dan saya pasien BPJS kelas 2 apa gratis atau tetap bayar?, Dan kalau bayar kira” bayar brp ya? Makasih ๐Ÿ™

  21. Makasih bun pengalamannya, sy juga lagi bingung mau lahiran dimana. Mau nanya, kan naik kelas ya bund, diakhir totalannya habis brp yaa?

  22. Halo mba slmat malam.. bisakah di list perlengkapan utk ibu dan bayi apa saja yg sudah di sediakan di Melhus? Sya takutnya bwa bnyk barang tp ternyata sudah disiapkan disana.. kebetulan sya lahiran bulan ini dan rencana di melhus jg.. trimkasih bnyk sblmnya mba semoga dibalas ya..

  23. assalamualaikum, mba mau bertanya, Alhmdulilah membantu, karena kebetulan tmn saya jg lahiran disana normal dtgl 11 januari 2020 kok tdk dpt ruangan jd di IGD hbis itu besoknya plg katanya ruangannya penuh, klo boleh tau mba normal apa sc? trus bpjsya kelas brp dan naik ke kelas brp? kok sy baca lengkap sekali dpt totok wajah pijet badan trus ada bidan yg free dtg kerumah, mungkin hrga thn 2020-2021 kemungkinan sama ya, sy jg mau prepare lahiran mei 2021 nanti insyallah mba.. mohon dijawab ya trimakasih๐Ÿ™

  24. oh iya mba lupa, sama tanya, yg si bayi dibuatkan BPJS katanya terkurangi itu bagaimana ya? trus kira2 itu brp hr do RS dan hbis brp ya mb keseluran klo boleh tau, trimss sekali infonya๐Ÿ™
    maklum masi newbie mbaa

  25. Pingback: FAQ: Artikel “Lahiran di RSIA Melati Husada Malang” | Arumsha

  26. Pingback: FAQ: Artikel “Lahiran di RSIA Melati Husada Malang” | Selamat Datang…

Leave a Reply

Your email address will not be published.