FAQ: Artikel “Lahiran di RSIA Melati Husada Malang”

Halo moms, aku buat satu post tentang FAQ ini untuk menjawab pertanyaan yang sering muncul di artikel yang pernah aku tulis pada 3 April 2020 yaitu Lahiran di RSIA Melati Husada Malang. Menurut statistik yang terekam pada blog saya, artikel ini setiap minggunya diakses cukup banyak pembaca, terima kasih ya yang sudah mampir. Akhirnya pun buanyak sekali pertanyaan yang mungkin belum sempat terbalas sampai kadang ada banyak juga yang menghubungi saya via DM di IG. Beberapa pertanyaan sebenarnya ada yang sama, jadi agar lebih praktis, saya buat artikel khusus FAQ ini ya moms. Aku juga mau mohon maaf yang besar sekali kalau ada pertanyaan dari tahun kemarin hingga saat ini yang belum kebalas ya moms. Semoga saya dimaafkan, hehe. Ini pertanyaan yang ada di blog dan DM IG ya moms, sebagian yang sudah saya balas di blog saya tidak tulis lagi di sini.

1.halo mbak seneng sekali baca cerita yg menghangatkan hati gini mungkin pijetnya buat yg lahiran normal ya, klo SC apa juga ada pijet? trs waktu lahiran pas udh pandemi ya, ada treatment khusus gak gara2 pandemi, misal kdu rapid dll? thank you kalo udh berkenan menjawab
Saya kurang tahu kalau yang SC ada fasilitas pijatnya atau tidak. Oh iya, fasilitas pijat ini seingat saya untuk kelas tertentu, tapi saya lupa apa saja, mengingat saat itu masih ada sisa satu kamar saja dan suami saya ambil itu. Saya lahiran 2 minggu sebelum pandemi. Jadi setelah 2 minggu lahiran itu langsung lockdown. Beberapa teman yang lahiran di Melati Husada beberapa bulan lalu masih Rapid Antigen, kemarin baru saja ada yang share pakai swab. Semoga aman semua ya moms. Sehat selalu dan lancar lahirannya 😉

2. Bunda pilih room apa waktu di melati husada?
Saya dan suami tidak milih room, moms. Saat itu sisa satu kamar, kelas apa saja kita ambil. Intinya begitu 🙂 InsyaAllah kami sudah persiapkan kalau kondisinya seperti itu. Seingat saya bukan kelas yang paling tinggi tapi di atas kelas II.

3. Bpjsnya dari kantor berarti ketenagakerjaan bund ? Apa bpjs kesehatan ?
Dua-duanya saya ada bund, sebelum saya ada BPJS yang dari kantor (sebenarnya sebagian juga dipotong dari gaji), saya menggunakan BPJS mandiri sejak menikah. Jadi, sangat membantu untuk BPJS ini.

4. Asaalamualaikum ,mau tanya paviliun berisi brp org sekamar ? Yg 1 kamar sendirian kelas apa ya…terimakasih
Waalaikumsalam wr wb, Saya kurang paham moms berapa kamar dan yang 1 kamar sendirian kelas apa saja saya juga kurang paham. Ini yang paham mbak adminnya Melhus bund, coba ditanyakan. Saya waktu itu memang tidak niat memilih kamar kecuali meminta yang satu kamar satu agar lebih privasi saja. Qodarullah adanya tinggal satu kamar juga yang satu kamar 1.

5.hai mba selamat ya atas kelahiran baby nya. kebetulan saya rencana lahiran di melhus juga. mau tanya utk bpjs nya apakah perlu rujukan dari fakes 1 terlebih dahulu mba?
Thank you mbak, saya tidak mbak, langsung ke IGD.

6. terimakasih infonya bu mohon maaf mau nanya, tarif di atas setelah dipotong dr bpjs, kita harus nambah berapa ya? trimakasih
Sama-sama. Pertanyaan ini lumayan sering ditanyakan. Tergantung BPJS kelas berapa moms naik kelas atau tidak, coba dikonfirmasi ulang saja ya moms ke adminnya, khawatir beda kebijakan sekarang.

7.Hai bunda. Terima kasih sudah berbagi. Kalau boleh tau, fasilitas kayak home visit, pijat utk ibu yg bunda ceritakan utk didapatkan di kelas rawat inap tertentu atau semua kelas dapat fasilitas itu?
Sama-sama Bunda. Saya kurang tahu Bunda, kalau fasilitas pijat dll itu memang dari kelas berapa begitu saya pernah tanya sama yang mijit, tapi lupa saya Bund. 😀 Saya itu ya pas rezekinya dapat satu kamar adanya ya itu 🙂 Kalau home visit ini saya kurang tahu juga, kalau saya pernah tanya, misal saya nambah hari home visit karena belum puput tali pusar itu bisa Bunda, per hari bayarnya IDR 75K saat itu ya Bunda (Feb 2020), sekarang saya tidak tahu berapa harganya.

8. Persyaratan buat persalinan pasien bpjs bagaimana kak?
Sudah ada di blog ya kak https://arumsha.wordpress.com/2020/04/03/lahiran-di-rsia-melati-husada-malang/, pada gambar.

9.Assalamualaikum mba, terima kasih infonya sangat bermanfaat. Kalau boleh tau, apa bisa ya rencana lahiran di rsia melati husada tapi tidak pernah periksa ke sana maupun ke dr nuke, tapi saat tindakan inginnya didampingi dr nuke? Karena kebetulan saya domisili jkt, dr saya disini jg subspes fetomaternal tapi saya ada rencana lahiran di malang. Terima kasih.
Waalaikumsalam, kalau kasusnya seperti itu belum tahu saya mbak atau alternatifnya bisa ke salah satu dokter yang memang praktek di Melati Husada.

10.Mohon ijin bertanya, waktu itu kan bunda sudah menggunakan bpjs, adakah biaya lagi yang harus dibayar atau sudah ditanggung semua oleh bpjs?
Iya, saya menambah lagi Bunda, karena saya naik kelas dari kelas BPJS yang saya punya.

11. Terimakasih reviuwnya sangat membantu sekali, mbk mau tanya kalau semisal gak naik kelas dan saya pasien BPJS kelas 2 apa gratis atau tetap bayar?, Dan kalau bayar kira” bayar brp ya? Makasih
Kurang tahu saya mbak. Tampaknya tergantung dari kondisi dan tindakan masing-masing pasien ada tambahannya atau tidak. Kelas kamar juga memengaruhi penambahan. SC atau normal juga, brosurnya yang saya dapat bulan Feb 2020 ada di artikel ini ya mbak.Lebih detail mungkin bisa tanya admin Melhus langsung. Orangnya baik dan ramah 😉

12.Makasih bun pengalamannya, sy juga lagi bingung mau lahiran dimana. Mau nanya, kan naik kelas ya bund, diakhir totalannya habis brp yaa?
Yang bayar suami saya Bund, saya pun tidak diberi tahu detailnya, tinggal terima jadi 😀 atau kalau mau dikira-kira, dari brosur yang sudah saya pasang di blog ya Bund, cuma itu brosur pas bulan Feb 2020, kurang tahu sekarang biayanya berapa.

13.Halo mba slmat malam.. bisakah di list perlengkapan utk ibu dan bayi apa saja yg sudah di sediakan di Melhus? Sya takutnya bwa bnyk barang tp ternyata sudah disiapkan disana.. kebetulan sya lahiran bulan ini dan rencana di melhus jg.. trimkasih bnyk sblmnya mba semoga dibalas ya.
Untuk ibu tidak ada mbak. Untuk ibu bawa sendiri semua. Untuk bayi, itu baju, popok, bedong, sehabis dimandiin. Tapi, buat jaga-jaga saya bawa banyak waktu itu Bund, soalnya tas nya udah disiapin jauh-jauh hari perlengkapan lahiran, buat jaga-jaga. Semoga lancar semua ya Bund. Kondisi pandemi seperti ini, saya juga kurang tahu ya Bund fasilitasnya sama atau tidak, mending persiapan bawa sendiri juga sebagai cadangan.

14.assalamualaikum, mba mau bertanya, Alhmdulilah membantu, karena kebetulan tmn saya jg lahiran disana normal dtgl 11 januari 2020 kok tdk dpt ruangan jd di IGD hbis itu besoknya plg katanya ruangannya penuh, klo boleh tau mba normal apa sc? trus bpjsya kelas brp dan naik ke kelas brp? kok sy baca lengkap sekali dpt totok wajah pijet badan trus ada bidan yg free dtg kerumah, mungkin hrga thn 2020-2021 kemungkinan sama ya, sy jg mau prepare lahiran mei 2021 nanti insyallah mba.. mohon dijawab ya trimakasih
Waalaikumsalam wr wb. Saya lahiran normal mbak (selengkapnya cerita birth story di sini ya mbak) Alhamdulillah mbak, mungkin pas rezeki saya dapat kamar atau pas lahirannya saya kan malam habis isya, jadinya kalau langsung pulang kan juga kasihan saya hehe. Habis IMD itu seingat saya IGDnya juga mau dibuat lahiran lagi mbak di tempat saya lahiran itu. Iya, mbak saya bersyukur bisa dapat kamar meski naik kelas, karena tinggal satu kamar itu saja. Nah kelas yang apa itu yang saya tidak ingat mbak, yang ngurus administrasi suami saya. Semoga lancar ya mbak lahirannya.

15.oh iya mba lupa, sama tanya, yg si bayi dibuatkan BPJS katanya terkurangi itu bagaimana ya? trus kira2 itu brp hr do RS dan hbis brp ya mb keseluran klo boleh tau, trimss sekali infonya
Maksudnya terkurangi bagaimana ya mbak? Saya 2 malam di RS (standar menginap untuk lahiran normal), habis berapa ini saya kalau saya suami saya tidak dijawab mbak, saya terima beres, alhamdulillah. Perkiraannya mungkin bisa lihat di brosur dari artikel saya yang ini ya mbak. Buat persiapan, kalau berkurang dari nominal itu ya alhamdulillah, yang penting bisa tenang saat lahiran nanti. Semoga sehat selalu baby dan mamanya ya mbak.Lancar semuanya.

16.Asswrwb. Halo mb. Slm knl. Aku kmrn lg googling ttg persalinan. Trs nemu tulisanx mb. Boleh tny kah mb? Sy skrg lg hamil 8 bln. Sblmx sy periksa2 ke bidan. Cuma krg sreg. Trs sy pindah bidan. Trnyt gak sreg jg. Jd sy kyx mau lahiran di RS aja. Googling2 trnyt rs melati husada katanya rekomen bgt. Trs dsni yg sy tny, mb dl lahiran pke pasien bpjs kah? Trs apakah smua dicover bpjs atau ndak ya? Trs apa bs ya di umur kehamilan yg udh mau akhir ky gini sy baru konsul2 ke rs melati husada? Pgn usg 4D gt mb. Soalx smpe saat ini sy blm tnang ttg kondisi janin saya. Sebab katanya melintang. Trs katanya kembar. Tp sy pnah usg di mutiara bunda, katanya janin tunggal. Sy jd bngung pgn periksa yg bnr2 bgs dmn.. maaf ya mb ngganggu. Slm knl. *************Trmksh bnyk sblmx kl mb bsedia bls dm sy ini.. wasswrwb
Waalaikumsalam wr wb. Boleh-boleh saja mbak, silakan ke salah satu dokter di Melhus.
Untuk reservasinya seingat saya H-1.Saya pakai BPJS, untuk lahiran normal dicover 1,9jt kalau SC kalau gak salah sekitar 9an. Sisanya tergantung kelas kamar, kalau ada kelas kamar BPJSnya gratis tapi kalau penuh dan harus upgrade kamar, nambah (seingat saya demikian) dengan tambahan biaya sesuai dg brosur yg saya sertakan di blog dikurangi dg bpjsnya..
itu untuk harga feb 2020. Sekarang, kurang tahu naik tidaknya.

17.Jd aku ada rencana melahirkan di MH jg dgn menggunakan BPJS
Apa hrus booking kmar ya?
Krn aku liat di ulasan google kok banyak yg complain katanya uda booking dr jauh2 hr ttep antri kmar bahkan gadapet kamar. apa smuanya ditanggung BPJS ya? Ato hanya dibantu beberapa jumlah saja
Mhon infonya ya, Tks

saya tidak booking dulu karena berencana normal..soalnya kalau normal kan agak susah diprediksi secara pasti seperti jadwal SC ya mbak jadinya gak booking dulu dan gak dibolehin booking dulu..sudah pernah nyoba soalnya.Katanya kalau normal bookingnya pas udah masuk IGD mo lahiran itu. sebagian yang djtanggung BPJS mbak, karena saya tdk menggunakan kamar BPJS saya karena penuh.

18. Klo blh tau mba dpt kamar yg tipe apa dan mba keluar biaya brp ya untuk tambahannya itu?
Saya lupa dulu dapat kelas yang apa mbak..kayakanya ga tinggi2 amat tengah2.. nah rincian biayanya yang ngeh suami saya mba.. (saya terima beres :D)

Oke moms kurang lebih itu beberapa pertanyaan yang belum terbalas atau sering muncul ya moms, semoga bisa menjawab pertanyaan para Bunda. Sebagai saran:

  1. Jika memang belum yakin terkait dengan infonya, bisa langsung tanya ke admin Melhus apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini dipersipakan saja segala administrasi sesuai prosedur.
  2. Terkait dengan persiapan biaya, anggap saja di brosur itu persiapan biayanya, kurang lebih disiapkan segituan (kalau kurang ya alhamdulillah, yang penting tidak menambah), selebihnya semoga para Bunda di sini dilancarkan rezekinya ya, semoga Allah mudahkan semuanya. Aamiin <3
  3. Semoga persiapannya lancar semua ya moms, diberi selalu kesehatan baik ibu dan babynya, diberi rezeki ASI yang cukup untuk para buah hati moms sekalian.

Sekian ya moms, InsyaAllah kalau ada pertanyaan berbeda dari yang telah ada, saya cantumkan di FAQ ini ya moms. 😉 Terima kasih. Semoga bermanfaat.

@baiti jannati, malam, N tidur


2 thoughts on “FAQ: Artikel “Lahiran di RSIA Melati Husada Malang”

  1. Pingback: Lahiran di RSIA Melati Husada Malang | Arumsha

  2. Pingback: Lahiran di RSIA Melati Husada Malang | Selamat Datang…

Leave a Reply

Your email address will not be published.