Bagaimana Cara Mencari Supervisor S3?

Hai semuanyaπŸ‘‹, assalamualaikum. Kali ini saya akan coba untuk berbagi terkait bagaimana mencari supervisor/promotor/pembimbing S3. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi atau pengalaman yang saya dengar langsung dari rekan-rekan yang pernah berjuang dalam perjalanan menuju mahasiswa strata 3.

Seperti yang kita pahami, bahwa jenjang S3 ini unik dan spesial. Jenjang tertinggi dari tahapan menjadi mahasiswa yang tidak jarang menguras mental dibandingkan dengan perjalanan akademik S3 itu sendiri. Oleh karena itu, memilih atau mendapatkan supervisor/pembimbing yang tepat adalah salah satu faktor yang dapat berpengaruh terhadap studi kita. Jenjang S3 berbeda dengan S1 dan S2 yang bisa jadi mulai intens dengan pembimbing dalam kurun waktu 1-2 tahun atau lebih tepatnya satu sampai dua semster di masa perkuliahan. Jika pada jenjang S3, mulai awal perkuliahan hingga 3-4 tahun ke depan akan berhadapan dengan orang yang sama. Jadi, memang berharap untuk dapat supervisor/pembimbing yang nyaman buat mendukung studi lanjut kita adalah hal yang perlu diperjuangkan.

Nah, bagaimana cara mencari supervisor yang “kita banget” nih?πŸ˜€

Continue reading

Pengalaman Masuk ke Jepang di Masa Pandemi

Assalamualaikum, Jepang! Alhamdulillah, akhirnya kaki ini menginjakkan kaki juga di tanah Jepang. Ini adalah jadwal terakhir setelah 3 kali perubahan jadwal keberangkatan. Pertama saat 7 Desember, waktu itu varian Omicron dikabarkan masuk, dan sehingga 30 November 2021 Jepang langsung gerak cepat menutup border kembali. Selama tahun 2021, Jepang membukan border hanya di sekitar bulan November, itu pun tidak berlangsung lama, mungkin kurang lebih 3 minggu. Iya, Jepang sangat ketat sekali dalam hal ini, sekalinya masuk, aturannya berlapis. Di sisi yang lain saya bersyukur, itu artinya, saya masih bisa bersama dengan keluarga terutama anak yang masih belum genap 2 tahun. Meski berhasil proses sapih N lebih cepat, tapi rasanya sungguh berat meninggalkannya, sehingga dengan demikian saya masih punya waktu bersamanya lebih banyak dan lebih banyak menyiapkan mental saya. Emak-emak can relate, ya πŸ™‚

Continue reading

S3 dengan Beasiswa MEXT

Apa itu beasiswa MEXT? Selengkapnya bisa baca-baca di sini. Beasiswa ini merupakan salah satu jenis beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Jepang. Oh ya, as long as di bawah 35 tahun, masih bisa mendaftar beasiswa ini. Dalam hal ini, alhamdulillah, saya mendapatkan beasiswa MEXT untuk studi doktoral saya di Okayama University. Baik, sekarang saya akan mencoba untuk menceritakan perjalanan saya yang lebih spesifik sampai mendapatkan beasiswa MEXT ini. Sebelumnya saya telah menuliskan juga tentang perjalanan panjang menemukan tempat studi S3 di sini dan daftar kegagalan selama mendaftar S3 di sini.

Continue reading

Perjalanan Panjang Menemukan Tempat Studi Lanjut S3

Assalamualaikum wr wb. Selamat datang kembali di blog Arumsha. Melanjutkan topik S3, kali ini Arumsha akan bahas mengenai pengalaman pribadi dalam perjalanan menemukan tempat studi lanjut S3. Sebelumnya, agar tidak roaming banget di postingan kali ini, kalian bisa menuju ke postingan sebelumnya di sini. Nah, setelah tahu kapan sebaiknya untuk melanjutkan studi S3, maka saatnya siap untuk menyusun beberapa strateginya. Bismillah. Oh iya, dalam postingan ini, lebih banyak akan sharing pengalaman S3 ke LN ya, mungkin kalau ke DN relate bisa dicoba juga seharusnya πŸ™‚

Sebelum pada akhirnya rezeki di Okayama University-Jepang dengan saya mendapatkan beasiswa penuh MEXT dari pemerintah Jepang, daftar kampus yang pernah saya apply sudah pernah saya ceritakan di sini.

1. PERSIAPAN

Persiapan di sini saya bagi menjadi 2 ya, persiapan teknis dan non-teknis. Persiapan teknis sendiri meliputi:

Continue reading

Kapan Sebaiknya Mulai Persiapan untuk Lanjut Studi?

Assalamualaikum, sahabat Arumsha, semoga selalu dalam lindunganNya ya.Arumsha berterima kasih banyak kepada temen-temen yang udah kasih masukan untuk topik tulisan di rumah Arumsha ini. InsyAllah, dikerjakan pelan-pelan dan satu per satu ya. πŸ™‚ Baik, kali ini, aku mau bahas “kapan sebaiknya persiapan untuk lanjut studi? Berapa lama persiapannya?” Oh iya Arumsha sudah pernah bahas di postingan lama terkait bagaimana persiapan untuk mendapatkan beasiswa yang kurang lebih sama saja dan masih saja relate dengan saat ini, silakan berkunjung di sini, ya.

Continue reading

Berdamai dengan Kegagalan: Daftar Masuk S3

Blog ini vakum dua bulanan nyaris tiga bulan. Rasanya sudah kangen menulis, karena menulis itu sebuah penghiburan tersendiri buatku. Memang dalam beberapa bulan belakangan jadwal padat merayap ditambah amanah yang semakin anteb rasane. Bekerjaran dengan waktu, dengan tenaga yang menuntut untuk istirahat. Ya, dinamikanya sungguh membuat jiwa dituntut dalam mode “waras” selalu.

Ya, kali ini aku mau berbagi cerita aja tentang daftar kegagalanku (kok bangga? πŸ™ˆ) sebagai scholarship hunter kembali untuk studi lanjut S3. Ya, mungkin ini wes lumrah terjadi dan rasanya bukan sesuatu yang bikin depresi banget kalau ternyata di sini situ ditolak semua. Yang membuat berbeda dari pengalamanku sebelum-sebelumnya adalah kondisiku saat ini sudah berkeluarga (ada suami dan 1 anak sholehah yang belum genap 1,5 tahun). Dengan kondisi ini, aku tidak mudah dan tidak sembarang mengambil keputusan seperti waktu single dahulu, yang apa-apa ya ambil saja, ya go saja. Banyak pertimbangan, banyak constraint apalagi peranku sebagai istri dan ibu yang membuatku tetap harus taat, karena itu yang utama.

Continue reading